Headlines News :

Iklan

Home » » Pembentukan BUMDes Belitung Timur

Pembentukan BUMDes Belitung Timur

Written By Info Publik News on Selasa, 19 November 2013 | 22.05


infopubliknews.com, Manggar, Humas Beltim – Dalam rangka mendorong dan meningkatkan kemandirian desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Belitung Timur, memberikan pelatihan manajerial bagi para perangkat desa untuk mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pelatihan berlangsung di Ruang Rapat Satu Hati Bangun Negeri Sekretariat Daerah. Rabu (20/11/13) Pagi. 
 
Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pedoman Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan, pemerintah desa diberi kewenangan untuk membentuk dan mengelola Badan Usaha Milik Desa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa, serta menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat melalui kesempatan berusaha, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan asset milik desa dan masyarakat sesuai kebutuhan dan potensi yang dimiliki. 
 
Hanya saja sejak Perda berlaku, belum satu pun desa di Kabupaten Beltim yang membentuk BUMDes. Kepala BPMPD Ikhwan Fahrozi mengungkapkan yang menjadi kendala adalah menyiapkan perangkat manajerial. Ikhwan juga menyadari bahwa tidak semua desa akan mampu memiliki BUMDes dikarenakan tidak adanya sumber-sumber pendapatan. “Awalnya pemerintah desa menyusun Peraturan Desa sesuai dengan karakteristik desa, dari Perdes itu baru bisa dibentuk BUMDes. Berdasarkan tipologinya ada yang sudah swasembada. Desa-desa ini yang nantinya akan diarahkan membentuk desa BUMDes. Karena sumber-sumber pendapatan desanya sudah ada. Desa-desa yang memiliki laut, pantai, pasar desa, pelayanan jasa dan lain-lain bisa jadi sumber dana BumDes.” Terang Ikhwan. 
 
Ikhwan menambahkan, pihak swasta sudah banyak yang ingin bekerjasama dengan pemerintah desa untuk membantu mengelola lahan atau kebun desa. “Sekarang tergantung desanya jeli atau tidak melihat peluang. Kita mengharapkan bagi aparatur desa untuk lebih kreatif menggali potensi desa, sehingga desa tidak tergantung terus menerus dengan dana pemerintah.”
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pemred Info Publik

Pemred Info Publik

KOMPAS.com

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Info Publik News - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template